Tes manfaat batu akik dengan Aji Gus Yulinan

1247
Gambar hanya ilustrasi

Pernah lihat kalau habis Jum’atan di masjid suka ada penjual batu akik yang bisa mengetes manfaat dari batu akik, umpama untuk karir, kerejekian, keselamatan dsb. Caranya yaitu kita dekatkan batu yg ingin kita beli atau test pada kotak area yang bertuliskan manfaat tersebut, bila katakan manfaat untuk kerejekian, maka batu pada piring yg ada diatas akan berputar. Ini ilmu asli tanpa trik pakai batere atau motor kecil bermagnet, begitupun batunya bukan batu bermagnet.

Ingin tahu? Ini ilmunya.

1Masjid Istiqlal tahun 1995

Seperti biasa, saya selalu suka ke Istiqlal untuk sholat Jum’at. Dan bagian yang paling menyenangkan ketika itu adalah banyak penjual yang berjualan didekat pintu keluar yang kearah pasar baru. Sayang sekali sejak tahun 2005 para penjual sudah ditertibkan tidak lagi boleh berjualan didalam lingkungan masjid kecuali pada kios yang telah disediakan.

Saat itu biasa kita temui penjual buku, alat sholat, minyak, termasuk pembersih bulu dengan cairan ‘ajaib’. Atau juga bisa anda temui para ‘pesulap’ yang menjual obat atau bahkan tukang urut. Dan bagian yang selalu menarik buat saya setiap habis Jum’atan ketika itu adalah ada penjual batu yang selalu ramai dikunjungi.

Saya yang sangat rasional selalu bingung dan terheran melihat cara penjual batu tersebut menjual batunya. Dia tidak menjual batu berdasarkan jenis, umpama jamrud, siam dsb. Tapi menjual berdasarkan manfaat dari batu yang diperagakan. Juga yang paling banyak dari pengunjung adalah ingin mengetes batu miliknya memiliki khasiat apa.

Buat ilustrasi, terdapat 6 bagian kotak yang ada batu cincinnya yang sudah diemban tentunya, dimana diatas kotak tertulis keterangan seperti: Kerejekian, Keselamatan, Karir, Pengasihan, Kewibawaan, dan kertas bertulis 3 tanda tanya ???

Diatas kumpulan kotak tersebut ada piring kecil dengan sedikit air bening, dan batu akik berwarna hijau sekira diameter 3/4 Cm.

Buat yang ingin mengetes batu akiknya cukup bayar 5 ribu, kemudian mendekatkan batu akiknya ke setiap kotak tersebut. Dan bila katakan didekatkan pada kotak untuk Pengasihan dan batu diatas piring berputar maka dinyatakan batu tersebut untuk pengasihan. Dan satu batu ternyata bisa memiliki beberapa manfaat. Tidak hanya satu. Jadi ada batu yang untuk pengasihan juga untuk keselamatan dan karir.

Berkali-kali kesana, memancing rasa ingin tahu untuk mengetes. Akhirnya saya bawa 4 batu akik, dan saya lakukan pengetesan. Untuk itu saya siapkan 50ribu rupiah. Saya berikan dimuka, saya bilang saya mau coba berkali-kali biar yakin. Dan penjual itu bersedia.

Setiap batu saya test, ada satu yang masuk tandatanya kategori manfaatnya. Dan demikian saya coba berulang-ulang secara random. Dan betul-betul aneh. Katakan umpama trik, tidak mungkin juga bermain dengan switch, butuh ingatan yang cukup baik untuk menghapal batu dan menjalankan switchnya agar berputar. Ada sekitar setengah jam saya bermain-main untuk mengetest dan betul-betul aneh karena memang setiap batu selalu memiliki pola manfaat yang itu-itu saja setiap dites. Artinya konsistensi tester tersebut betul-betul 100% konsisten!!!

Bahkan saya coba test dua batu secara bersamaan pada manfaat yang berbeda, batu betul-betul berputar secara konsisten juga. Luar biasa !!!!!

2Namanya Pak Ali dari Kampung Melayu

Minggu berikutnya ba’da Jum’at ketika itu hujan sangat deras mengguyur Jakarta. Sehingga kami berdiri dipinggir-pinggir masjid untuk berteduh dan menunggu hujan reda. Saya berdiri melihat jatuhnya hujan yang cipratannya sesekali menghantam ujung celana saya sehingga mulai basah. Kemudian ada seseorang menyapa saya, “Didalam aja den. Makin deres ujannya.” Dan saya jawab, “Iya pak. Enak liat ujan.”

Ketika saya menoleh yang menyapa tersebut ternyata beliau adalah si penjual batu akik itu.

Akhirnya kami naik kembali keatas dan ngobrol-ngobrol sambil menunggu hujan reda. Dari perkenalannya dikatakan namanya Pak Ali, orang banten yang sudah dari tahun ’60an tinggal di Jakarta. Beliau tinggal didaerah kampung melayu, sudah ada 6 orang cucu. Umurnya menurut pengakuannya sudah 60 tahun. Tadinya kuli angkut di stasiun Jakarta Kota, tapi karena sudah umur sudah 10 tahun menjadi penjual batu akik di masjid atau di stasiun kota.

Sampai akhirnya pembicaraan masuk ke batu akik, terlihat Pak Ali sangat antusias menjelaskan soal batu-batu. Dikatakan setiap batu secara alami memiliki manfaat yang unik. Umpama batu kecubung memang untuk pengasihan.

Tanpa diminta akhirnya pak Ali menjelaskan ilmu untuk mengetes batu akik yang sangat unik itu tanpa diminta. Dikatakan, ilmunya tersebut didapat secara turun temurun. Jadi batu-batu akik, peralatan dan sebagainya termasuk ilmudidapat dari ayahnya pada tahun ’80 an. Ayahnya yang orang banten dan ibunya yang masih keturunan arab meninggal pada tahun ’86 karena kecelakaan kereta. Jadi sejak orangtuanya meninggal akhirnya Pak Ali memutuskan untuk melanjutkan warisan orangtuanya tersebut.

3Aji Gus Yulinan

Nama ilmunya Aji Gus Yulinan. Karena setiap hendak mengetes harus berteriak Gus Yulinan !!

Setelah itu baru batu bisa berputar atau tidak berputar sama sekali diarea yang dimaksud.

Dikatakan pak Ali, ayahnya tidak menceritakan ilmu tersebut dari mana kapan dapatnya, atau merupakan keturunan juga dari kakeknya. Hanya ketika itu oleh ayahnya disuruh mengerjakan lelakunya saja tanpa keterangan apa-apa.

Jadi informasi mengenai ilmu ini, asalnya darimana, dan yang lainnya betul-betul gelap. Hanya diceritakan ayahnya orang banten dari daerah Lebak. Yang memang sehari-harinya jualan batu sepertimana pak Ali sekarang.

4Kontrakan rumah mau habis

Setelah ngobrol ngalur ngidul akhirnya saya bilang tertarik untuk belajar kalau boleh. Kemudian dia bilang ini itu yang intinya enggan-lah. Akhirnya berbagai jurus dicoba, ketika saya bilang saya konsultan IT di Angkatan Darat akhirnya dia luluh juga. Dikatakan sebetulnya dia butuh buat bayar kontrakan yang minggu ini akan habis dan harus dibayar. Saya tanya jumlahnya, dan dijawab 1,5 juta. Relatif murah.

“Begini pak, saya ikhlas bantu bapak sekarang 1,5 juta, tapi tolong saya dibimbing agar bisa menguasai ilmu yang bapak miliki tersebut. Dan bila akhirnya saya menguasai tentunya ada terima kasih atas keikhlasan bapak tersebut.” Demikian closing dari saya.

Akhirnya kami ke ATM terdekat, dan saya berikan dengan ikhlas, yang bahkan saya tidak tanyakan alamatnya ketika itu. Dijanjikan minggu depan ketemu lagi di Masjid Istiqlal.

5Loh, malah tidak nongol !!!

Minggu depannya hujan kembali mengguyur Jakarta dengan sangat deras. Saya mencari-cari pak Ali keliling masjid, bahkan tanya ke-penjual lain yang biasa mangkal disana. Tapi pak Ali ternyata tidak muncul dan dikatakan tidak datang hari ini.

Agak sedikit was-was juga, hehehe.. tapi saya kesampingkan pikiran buruk, pikiran saya waktu itu, ya sudahlah saya ikhlaskan kan memang niatnya menolong. Dan saya berharap minggu depannya kami ada kesempatan berjodoh untuk ketemu.

Bulan tersebut, Januari memang hujan di-Jakarta seperti gila, tidak berhenti bahkan bisa 3 hari hujan terus menerus. Sampai saking penasaran saya bertanya-tanya apa ada yang tahu alamat rumahnya pak Ali, atau sekitar mana. Tapi nihil, tidak ada yang tahu.

Ya sudahlah. Minggu depan.

6Ngelmu Aji Gus Yulinan

Akhirnya pada minggu berikutnya, hujan tidak datang ke Ibu kota. Cuaca sangat cerah. Dan ketika hendak naik sholat Jum’at, saya bertemu Pak Ali, “Maaf mas, rumah kebanjiran kemarin. Gak bisa datang kesini.”

“Oh iya pak gak apa.” Jawab saya. Dan kita bersisian sholat jum’at.

Selepas sholat pak Ali ijin sebentar mau ambil barang katanya. Dan setelah kembali pak Ali membawa koper yang dikatakan memuat seluruh barang dagangannya.

Akhirnya saya ajak pak Ali kerumah saya, ketika itu di Kemayoran depan Pasar Nangka.

Sampai dirumah Pak Ali menjelaskan tata cara lelaku, dengan berpuasa sunnah 5 hari. Dan membaca bacaan tertentu. Kemudian ada 7 wafaq yang harus ditulis, yang 6 diantaranya nanti ditempatkan dibawah kotak sesuai manfaat yang ingin ditest, sedang satunya dibawah batu berputar. Tapi beliau berikan ke saya peninggalan orangtuanya agar saya bisa langsung coba. Termasuk batu akik yang bisa berputar, biasa dia pakai. Batu jamrud biasa. Juga ada tatacara umba rampe untuk khodam yaitu memakai minyak cempaka yang ditorehkan ke setiap wafaq.

Akhirnya mulai besoknya saya kerjakan segala lelaku yang disyaratkan sehingga akhirnya selesai.

Tepat keesokan harinya selesai pak Ali datang pagi-pagi sekali kerumah saya.

7Cara Praktek

Pak Ali menjelaskan bagaimana cara dia membuka ‘dagangan’-nya.

Yang pertama adalah menempatkan wafaq dibawah kotak berisi cincin-cincin yang hendak dijual. Kemudian setiap wafaq memiliki ciri khas sesuai manfaatnya dan ditaruhlah kertas print-an diatas kotak tersebut yang menjelaskan.

Kemudian menyiapkan batu berputar. Caranya piring putih kecil diberikan air secukupnya dan ditetesi minyak cempaka.

Setelah itu dibacakan mantra pemanggilan khodam. Ini jawokan dari bahasa banten lama. Kemudian batu jamrud yang akan menjadi medium yang nantinya akan berputar dijalankan diatas wafaq yang atasnya berisi kotak cincin.

Setelah itu, wafaq yang akan ditempatkan dibawah piring diberikan minyak cempaka dan dimasukkan kedalam kotak yang ditempatkan dibawah piring.

Untuk mengetes, cukup teriakkan “Gus Yulinan !!” setiap hendak mengetes. Dan nanti batu jamrud diatas piring tersebut akan berputar atau tidak berputar diatas kotak sesuai manfaatnya. Bila berputar jelas itu manfaat dari batu akik yang akan kita test.

8Penutup

Berbeda dengan Aji Cipeulang yang akan mengecek apakah batu akik cocok dengan kita. Aji Gus Yulinan ini memeriksa manfaat batu akik.

Mengenai betul atau tidaknya tentunya wallahu’alam. Hanya Allah saja yang tahu, tapi dari segi keilmuan sangat menarik untuk dipelajari.

Semoga bisa memberikan manfaat pengetahuan buat kita.

 

 

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY