Seri Sunan Kalijaga: Pacul

328

Lanjutan mengenai tambang ilir-ilir terdahulu, berikut adalah pesan atau wejangan Sunan Kalijaga kepada Ki Ageng Sela yang sangat menarik untuk dikaji. Sangat sederhana tetapi memiliki arti mendalam.

Pacul atau cangkul adalah alat utama buat petani dalam melaksanakan pekerjaannya, mengolah lahan mentah menjadi bermanfaat.

Pacul memiliki 3 bagian yaitu:

1. Pacul (bagian yang tajam)
2. Bawak (lingkaran tempat lobang doran)
3. Doran (batang kayu untuk pengangan pacul)

Makna sederhana dari pacul ini adalah sebagai berikut:

Pacul
Ngipatake barang yang kang muncul atau dalam terjemahan kasarnya “Membuang bagian yang menonjol atau tidak rata”. Bersifat memperbaiki. Sebagai umat Islam kita harus selalu berbuat baik dan memperbaiki kualitas hidup kita dari segala dosa. Seperti pacul yang tajam dan kuat karena dibuat dari besi, kita harus kuat iman, tajam pikiran untuk berbuat kebaikan dan membuang segala dosa dengan jalan bertaubat.

Bawak
Bawak dari kata oBahing aWak. Geraknya tubuh. Maknanya adalah sebagai manusia kita berikhtiar, seperti bekerja untuk memperoleh nafkah, dan atau mengerjakan yang menjadi perintahNya, seperti sholat untuk memperoleh nafkah bathin.

Doran
Doran yang artinya Donga Marang Pangeran, berdoa kepada Alloh. Maksudnya kita manusia sebagai umat harus selalu berdoa Alloh. Karena disamping doa adalah vital sebagai rangkaian ibadah, juga doa memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian makna singkat dan sederhana mengenai Pacul dari wejangan Sunan Kalijaga, semoga bermanfaat.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY