Kebathinan Versi Pak Odang

428

Bathin. Apa yang ada dibenak kita dengan istilah bathin ini. Kalau dari asmaulhusnah, Al-Batin artinya yang tersembunyi. Tapi kita sedang membicarakan kebathinan. Orang bilang ilmu kebathinan. Ilmu yang bisa membuat manusia bisa memiliki kemampuan luar biasa.

Banyak pengertian mengenai ilmu kebathinan ini, tapi biarlah kita satukan pengertian dan pemahaman dalam bahasa saya saja. Dan artikel ini juga akan kita jadikan ajang diskusi dengan memberikan komentar anda.

Kebathinan, berasal dari kata bathin, maksud awalan ke dan akhiran an, mempertegas arti asal awal dari kata yang dimaksud. Jadi kebathinan, mempertegas penggunaan bathin.

Bathin seperti diawal tulisan, dari asal kata Al-Batin, yang artinya tersembunyi. Bisa juga diartikan mendayagunakan sesuatu yang tersembunyi.

Sekarang apa yang tersembunyi tersebut?

Disinilah ilmu kebathinan berperan, mengupas, memberdayakan, memaksimalkan sesuatu yang tersembunyi itu untuk tujuan yang bermanfaat buat yang melakukannya.

Ilmu kebathinan adalah pencapaian. Bukan suatu yang bisa diberikan. Dibuka. Atau sesuatu yang sifatnya instan, langsung jadi, agar seseorang bisa mendapatkan kemampuan bathin yang mumpuni.

Lewat pencapaian inilah nantinya sesuatu yang tersembunyi tadi akan bisa kita gunakan. Untuk berbagai macam tujuan tergantung apa yang berhasil kita capai.

Ilmu kebathinan berkaitan dengan olah pikir, pemahaman. Semakin seseorang pintar dan cerdas mengolah kemampuan berfikirnya, maka akan semakin banyak rahasia yang terbuka yang bisa ia gunakan.

Selanjutnya Bagian kedua.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY