Hakikat Doa dan Dzikr

646

Banyak orang mengalami kesusahan, karena hutang, tertipu, teraniaya dsb. seolah pintu tertutup semua. Dan bersyukurlah bila anda tidak yang termasuk didalamnya.

Tetapi bila sebaliknya, maka ada baiknya bila anda berdoa dan berdzikr kepada Allah ta’ala agar permasalahan kita segera selesai dan diberikan kemudahan.

Dalam QS. Al Mu’min ayat 60 Allah berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Keperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang2 yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.”

Dan keutamaan berdzikr dalam salah satu Nabi bersabda, “Perumpaan orang yang berdzikr kepada Tuhannya dan yang tidak seperti orang hidup dan orang mati.”

Mari kita bahas hakikat doa dan dzikr ini, dan akan kita lanjutkan tulisan dengan doa-doa hikmah baik dari kitab2 maupun yang saya secara pribadi menerima ijazahnya dari ‘Alim ‘Ulama, semoga bermanfaat.

Banyak diantara kita yang sehari-hari kita beraktifitas, bekerja tanpa memperhatikan diri kita dan Tuhannya sepanjang urusan lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan.

Tetapi begitu ada masalah datang dan kita menemui jalan buntu, maka baru kita ingat kepadaNya. Dan berdoa, berdzikr dan bermunazat kepada Allah hanyalah satu-satunya yang bisa kerjakan.

Itulah kenikmatan terbesar yang Allah berikan kepada manusia, yaitu nikmat berdoa. Karena Ia memperkenankan kita berdoa dan meminta kepadaNya. Dan bila kita beriman maka akan datanglah bantuanNya lewat cara-cara yang tidak terduga.

Bayangkan bila kita tidak diberikan nikmat ini, ketika segala jalan menjadi buntu, tidak ada yang bisa membantu, tidak ada tempat untuk momohon dan bermunazat, masya Allah.. kita seperti dipenjara yang menimbulkan rasa takut, tidak tenang, stres, derita bathin berkepanjangan.

Doa membebaskan kita dari permasalahan, karena Dialah tempat satu2nya kita memohon pertolongan.

Dan akhirnya dengan kekuatanNya, segala pertolonganNya akan datang lewat cara yang sangat mukjizat tanpa kita tahu bagaimana cara Ia bekerja.

Agar doa kita sampai tentunya ada cara-cara agar dapat dapat dikabul. Pada tulisan berikut akan kita bahas bagaimana doa kita dapat dikabulkanNya.

Semoga bermanfaat.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY