Apa definisi PARANORMAL?

308

Mari kita kupas, kata tersebut. PARA artinya melebihi, sedangkan NORMAL artinya biasa. Secara umum bisa diartikan manusia yang melebihi manusia biasa pada umumnya. Lihat detil untuk jelasnya.

Istilah paranormal ini kadang tercampur dengan supranatural, yang sesungguhnya lebih kepada hal-hal gaib, seperti Tuhan, Malaikat, Jin, Iblis dsb. Paranormal sendiri bisa diartikan sebagai aktivitas yang diluar hukum sains dan biasanya banyak berkaitan dengan hal-hal yang tidak terjangkau akal manusia.

Seorang nabi atau rosul, sudah jelas masuk kategori paranormal, dengan kemukjizatannya. Seorang ulama atau wali Allah yang memiliki kepekaan dan naluri luar biasa, juga bisa dikatakan paranormal dengan berbagai karomahnya.

Dukun atau orang pintar, juga bisa dikategorikan sebagai paranormal dengan kemampuan pendekatan supranaturalnya.

Tetapi, seorang Rosul, tidak bisa disamakan dengan Wali Allah, begitupun antara Wali Allah dengan dukun, jelas tidak bisa disamakan bila dilihat dari kerangka aqidah. Definisi ini hanya sebatas normatif kemampuan yang diatas manusia biasa.

Dokter, jelas tidak bisa dimasukkan dalam kategori ini, karena menggunakan pendekatan sains dalam praktek medisnya.

Begitupun, Insinyur, Tukang Batu, atau kuli angkut, serta binaragawan, atlit, professor, jelas bukan termasuk paranormal.

Ahli silat yang bisa menghancurkan sebatang pohon, atau seorang master Taichi, atau ahli tenaga dalam, termasuk reiki atau prana, juga tidak bisa dikategorikan paranormal, karena ternyata secara sains bisa dibuktikan dan dilatih oleh siapapun.

Praktek paranormal, lebih kepada pengolahan bathin, yang TIDAK setiap orang, oleh karena itulah disebut paranormal, bisa mencapainya. Contohnya adalah kemampuan Clairvoyant (lihat istilah ini di FAQ), kemampuan melihat dengan mata bathin, bisa merasakan hal-hal yang bersifat supranatural. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan supranatural dan praktek2 sejenisnya.

Semoga tulisan singkat ini bisa menghindari kerancuan dan kebingungan kita dengan kata Paranormal ini.

Semoga.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY