Trend Mandi Kembang yang sedang marak

1109

Pada suatu chatting, ada yang bertanya kepada saya, “Bagaimana pendapatnya mengenai trend mandi kembang yang banyak dilakukan paranormal sekarang ini ?” Sesuai dengan janji saya kepadanya, pendapat saya akan saya tulis pada artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Mandi kembang atau Adus wangi dalam bahasa jawanya, adalah suatu prosesi untuk pembersihan. Didalamnya terkandung nilai filsafah yang tinggi yang bila kita telaah secara mendalam. Juga, bila bisa mendoktrin diri kita, maka akan juga menjadi pendekatan psikologis untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Mandi kembang ini, umumnya dilakukan menyertai proses ruwatan, untuk melepaskan seseorang dari sengkolo, segala bentuk kesialan yang menimpa diri seseorang, entah karena nasib, turunan atau perbuatan masa lalunya.

Kurang lebih begini gambaran filosofinya.

Air sebagai sumber kehidupan didunia ini, memiliki nilai penting dalam dunia spiritual. Oleh Islam, air digunakan untuk pembersih dari segala macam hadast. Air digunakan untuk minum, mandi dsb.

Begitupun dalam proses mandi kembang ini, fungsi air sebagai pembersih, diibaratkan yang mampu membersihkan dari segala macam penyakit hati, kesialan, pengaruh turunan dan akibat dari masa lalunya.

Proses menyiramkan air dari atas kepala, menyiratkan kepala dimana didalam tersimpan segala pikiran2 yang kurang baik, akan menjadi bersih seiring dengan mengalirnya air. Begitupun air yang mengalir melewati seluruh tubuh, hingga akhirnya terbuang kepembuangan, mengibaratkan segala kotoran, penyakit dan kesialan akan terbuang sama sekali, seiring dengan mengalirnya air kepembuangan.

Kembang, bermakna filosofis keindahan, hal2 yang baik. Harumnya melambangkan aura, pengaruh perbawa kebaikan yang bisa dirasakan oleh orang2 disekitarnya.

Proses menyiramkan air yang dicampurkembang, bermakna filosofis agar setelah air yang membersihkan, membuang segala kotoran dsb., maka kembangnya akan memasukkan nilai2 kebaikan, keindahan dan pengaruh kebaikan tidak hanya untuknya tetapi juga bisa dirasakan oleh orang2 disekitarnya.

Dalam dunia tasawuf, kita mengenal nilai filosofi yang kurang lebih sama, yaitu proses Takholi, pembersihan hati, Tahali, mengisinya dengan sifat kebaikan.

Dan mandi kembang ini memang berinti dari ajaran kejawen, yang juga merupakan inti ajaran tasawuf.

Sekarang, yang mungkin menjadi pertanyaan adalah, apakah mereka para praktikus tersebut yang menerapkan mandi kembang ini telah mengerti dan memberikan pengertian yang demikian kepada para pasiennya?

Bila hanya menjadi ritual belaka, maka tidaklah akan memberikan nilai spiritual, apalagi psikologis. Orang hanya akan mengganggap ini hanya ritual yang memang harus dilakukan untuk maksud2 tertentu. Belum lagi penyelewengan2 yang dilakukan oleh oknum untuk menutupi kebejatan mereka.

Dari 90% orang yang pernah mandi kembang yang dilakukan paranormal, itu sekitar 26 orang yang pernah ketempat saya, mereka sama sekali tidak tahu untuk apa mandi kembangnya itu. Hanya diberitahukan, untuk maksud2 tertentu harus dilakukan upacara mandi kembang agar maksudnya tercapai. Bisa menggambarkan, kalau sebagian besar orang yang melakukan prosesi mandi kembang ini kurang lebih demikianlah.. sama sekali tidak tahu tujuannya. Bahkan diantara mereka ada yang dilecehkan, umpamanya diusap2 daerah intimnya, dengan alasan supaya betul2 bersihlah, agar pengaruh kembangnya bisa masuklah dsb. Ahhhh.. bejat sekali !

Saran saya, bila ada paranormal yang melakukan proses mandi kembang ini tidak bisa menjelaskan makna dan maksud dari ritual ini, sebaiknya hindarilah. Jangan anda jual harga diri dan harapan anda untuk sekelompok penipu yang mengambil keuntungan dari kesusahan orang lain. Karena saya jamin, ikhtiar anda pasti tidak akan berhasil.

Bila ingin berikhtiar secara spiritual, pertama sekali, carilah ulama yang kompeten untuk dimintakan pendapatnya. Bila dirasa mereka masih kurang, cari lagi ulama lainnya. Bila ternyata masih kurang juga dan tertarik untuk mencoba dengan paranormal, cari informasi sebanyak2nya mengenai orang tersebut, jangan sampai terjebak oleh iklan yang mereka tawarkan. Setidaknya cobalah bicara dengan mereka, dan gali pikiran mereka.

Waspada !!

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY