Maraknya Paranormal = Maraknya Penipuan

461

Profesi paranormal saat ini adalah sama dengan dokter. Malah dengan berbagai kelebihan. Menyembuhkan penyakit medis, non medis, menjadi psikolog, memberi berbagai solusi kehidupan dsb. Rejeki yang didapat dari profesi ini juga luar biasa, sehingga membuat orang tergiur untuk praktek serupa. Tulisan ini hanyalah bentuk keprihatinan semata. Dari profesi kelas teri, terlecehkan, akhirnya karena kegigihan sebagian orang mengangkat profesi ini menjadi profesi terhormat dan diminati, akhirnya juga ada oknum2 yang mencemarinya. Ah….

Terus terang, saya banyak menghapus tulisan2 yang berbau Iklan Terselubung. Bentuknya bantuan, ujung2nya duit. Dari yang tidak masuk diakal, sampai ada yang keminter. Dari yang mulanya informatif, orang tertarik untuk mengenal akhirnya dimanfaatkan karena rasa ingin tahunya.

Hampir. Sekali lagi saya bilang, hampir, ini artinya tidak semua. Bentuk2 bantuan pribadi, ujung2nya akan menjurus kepada permainan materi. Ada yang perlu bantuan diforum, buku tamu atau tempat orang dapat kesempatan menulis, akhirnya malah, istilahnya, di-bisnis-sin.

Banyak mail yang masuk, telpon masuk menanyakan tentang validitas dari beberapa member, yang terus terang saja memang saya tidak tahu satu persatu. Ternyata mereka sudah terjebak dalam praktek penipuan. Sangat disayangkan sekali. Mereka sudah menjadi korban paranormal kagetan, yang tidak tepat disebut paranormal, mungkin lebih tepat disebut penipu !

Ada idealisme saya, yaitu menjadikan situs ini tempat referensi, berbagi pengetahuan, berbagi hal2 paranormal, sarana diskusi, menampilkan objektifitas dan segudang keinginan ideal lainnya.

Jadi tolong, fasilitas ini jangan dikotori oleh hal2 yang keluar dari visi dan misi saya tersebut. Jadikan situs ini bersih dari berbagai konflik kepentingan, milik golongan tertentu atau hanya mau benarnya sendiri. Diskusikan dengan asik, boleh berapi2, semangat, tetapi tetap sopan dalam berkata. Jadikan situs ini tempat berkumpulnya semua orang yang tertarik dengan keparanormalan.

Kembali mengenai maraknya penipuan berkedok paranormal ini, khususnya disitus ini. Ini komentar saya.

Saya yakin, banyak member yang sangat sangat sangat senang membantu dengan sepenuh hati, dalam menyikapi suatu tulisan, membantu persoalan yang dihadapi member lainnya, maupun senang berdiskui dalam berbagai hal, berbagi pengalaman, pengetahuan dan visi, serta hal2 menarik lainnya.

Saya juga sebetulnya sangat yakin, tidak ada penipuan dalam bentuk2 bantuan yang member lain juga berikan. Setidaknya mulanya. (lol)

Terbatasnya pengetahuan mereka, apresiasi mereka terhadap setiap permasalahan yang mereka hadapi, mungkin karena kurangnya pengalaman atau hal lainnya, atau juga istilahnya, “sangat ingin membantu, tetapi pengetahuan kurang”. Akhirnya karena kepepet, kadung maju, harus pantang mundur, pasien jadi kelinci percobaan, he.he.he…

Seharusnya, menurut saya, terus terang saja. Saya baru bisanya ini, saya baru dapat ijazahnya ini, dan hal lain yang menjelaskan keterbatasan pengetahuan kita, akan jadi enak-kan? Tidak terjebak praktek coba2 yang akhirnya malah jadi penipuan.

Toh, orang juga akan mengerti, ya memang namanya manusia, pasti punya keterbatasan. Oleh karena itu, bagusnya, masuknya harus dengan tawadhu, rendah diri. Itu bukan merendahkan diri (lol}.

Tawadhu, bisa menjadi “penyelamat” para penolong tersebut dari praktek penipuan, dari pada omong besar, akhirnya terjebak oleh omongannya tersebut ‘kan berabe? Biasanya dari sinilah praktek penipuan itu bermula.

Upaya preventif untuk meminimalisir penipuan ini juga sebetulnya sudah lumayan banyak, menampilkan tulisan2 agar berhati-hati dengan praktek penipuan berkedok paranormal ini, sampai membatasi tulisan, hingga menghapus tulisan yang berpotensi menipu. Walaupun mungkin ini kurang efektif dan bisa bias, yang baik2 jadi ikut terhapus. Tetapi harusnya yang baik2 itu juga harus dewasa dan cerdas dalam menulis, dan tidak mempotensikan tulisannya agar terhapus.

Eh, bagaimana dengan permainan materi dalam bentuk bantuan spiritual ?

Simpulkan saja sendiri !!!

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY