Susuk bisa bikin orang sulit mati?

1478

Banyak wacana yang berkembang dimasyarakat mengenai orang yang sulit mati karena memakai susuk atau memiliki ilmu tertentu. Tetapi saya memiliki pandangan sendiri mengenai hal ini.

Bahkan ada cerita dahsyat, orang yang mengamalkan ilmu kebal, maka sulit mati, karena sewaktu malaikat pencabut nyawa datang dan ingin mengambil nyawanya, siilmu akan menghalang-halangi. Masya Allah.

Sebelum saya sampaikan pandangan saya mengenai hal ini, mari kita sama-sama simpulkan satu hal yang pasti dahulu. Yaitu, bagaimanapun sekaratnya orang tersebut, berapa lamapun sekaratnya maka akhirnya ia akan mati juga, bukan begitu?

Pertama harus kita yakini, tidak ada satu kekuatanpun yang bisa menghalangi taqdir dari Allah SWT. Kedua, setiap peristiwa azab dari Allah pasti ada maksudnya.

Sekarang mari kita flashback/mundur kebelakang.

Seseorang menggunakan susuk, atau mengamalkan ilmu-ilmu tertentu, ada 2 tujuan, yaitu tujuan baik, dan tujuan jahat/tidak terpuji/dimurkai Allah.

Tujuan baik, umpamanya penggunaan susuk agar ia dicintai banyak orang, dicintai suami, mudah mendapatkan jodoh, dsb. Sedang mengamalkan ilmu tertentu agar bisa menolong orang, iztihad membela kebenaran dsb.

Tujuan jahat penggunaan susuk, agar mudah menipu orang lain, mudah mendapatkan langgangan dalam praktek prostitusi, dsb. Sedangkan ilmu agar bisa mudah merampok, menzolimi orang lain dsb.

Nah, orang yang susah matinya tersebut, mari kita lihat prilaku masa lalunya, apakah ia termasuk yang mengamalkan untuk tujuan jahat atau sebaliknya?

Bila iya, mari kita simpulkan, azab dunia, seperti sekarat berkepanjangan, sulit mati dsb itu Allah turunkan kepadanya, semata-mata agar dapat menjadi peringatan untuk kita yang mengetahuinya agar tidak mencontoh perbuatan masa lalu orang tersebut.

Allah perlama sekaratnya, agar makin banyak orang yang tahu dan menjadi takut untuk mengikutinya, dan memberinya kesempatan untuk bertaubat.

Ya Allah, ampunilah segala dosa mereka, dan turunkanlah hidayah kepada mereka agar segera bertaubat dan kembali kepadaMu.

Allahuakbar, Subhanalloh. Maha Besar Engkau atas segala kekuasaanMu, dan Maha Suci Engkau atas segala kehendakMu.

Link terkait:
Susuk, apa dan bagaimana.
Susuk, apa dan bagaimana (bag 2).
Pelet, guna-guna, susuk dan Mahabah/Pengasihan?

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY