Kuliah Makrifat 2

686

Pada materi kuliah terdahulu, mengenai makrifat, dijelaskan mengenal Allah didahului dengan mengenal diri sendiri dan ciptaanNya. Tetapi, dalam prakteknya hal-hal ini sulit dilakukan berkaitan dengan metode pengenalannya itu sendiri.
Ada metode sederhana dalam mengenal Allah, yang bisa kita lakukan secara mudah yaitu dengan “MENGINGATNYA“.

Mudahnya begini, mengingat adalah proses alamiah yang kita kerjakan sepanjang hidup kita. Meningat nama sendiri, alamat, nomor telepon, ingat untuk berpakaian dsb. dimana hampir semua aktifitas keseharian adalah mengingat-ingat.

Dalam mengingat-ingat terjadi proses otomatis karena keseharian yang biasa kita kerjakan. Disinilah latihan spiritual kita lakukan, yaitu membiasakan diri dengan mengingat Allah, dalam keseharian kita.

Prakteknya sangat sederhana, yaitu dengan menyebut-nyebut nama Allah dalam setiap kesempatan diwaktu luang maupun diwaktu beraktifitas yang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi. Umpama, diwaktu menunggu, menyetir kendaraan, makan, dan kegiatan lainnya.

Aktifitas menyebut nama Allah ini, nantinya juga akan menjadi proses otomatis, sama seperti kegiatan mengingat yang lainnya, bila kita mulai secara rutin dan kontinyu atau istiqomah.

Dengan senantiasa mengingat Allah, maka Allah juga akan senantiasa mengingat kita.”
Allah menjaga hambaNya yang ingat kepadaNya. Manfaat langsung dari mengingat Allah dalam setiap waktu kita adalah terjaganya kita dari segala godaan Syaitan, manajemen syahwat/nafsu yang baik, terjaga dari kezoliman orang lain dan hidayah kebaikan lainnya.

Sebetulnya hal ini adalah proses rasional, dan sangat masuk akal. Orang yang senantiasa ingat akan Tuhannya, maka akan malu untuk berbuat kejahatan apalagi kemaksiatan. Hatinya akan senantiasa terisi dengan kebaikan, sehingga nafsu merusak akan jauh dari hatinya. Mulut dan lidahnya akan terjaga dari omongan yang akan membuat celaka. Tingkah laku serta gerak tubuhnya akan senantiasa berprilaku baik sesuai dengan cara mengingatnya. Otomatis dirinya akan terhindar dari kezoliman orang lain, kegiatannya akan senantiasa mengundang rasa sayang dari sesama, dan barokah dari Allah senantiasa tercurah untuknya. Masya Alloh, Subhanalloh, Maha Suci Engkau yang Maha Menjaga. Setelah kita senantia ingat akan Allah, maka jalan makrifat akan terbuka untuk kita. Kedekatan kita dengan Allah akan terjalin setiap saat. Cinta kita akan Allah menjadi kesadaran mutlak. Sehingga mengenal Allah, adalah suatu proses sederhana karena ingatnya kita, cintanya kita kepada Allah. Insya Allah.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY