Esmu Pamungkas-Latihan 2

344

Latihan 2 kita, masih dalam tingkatan Pranayama, yaitu pembangkitan inner power yang kita latih seperti pada metode latihan 1 tetapi kali ini dalam posisi yang berbeda.

Latihan 2, kita lakukan teknik yang sama seperti pada latihan 1, hanya kali ini kita dalam posisi bersila.

Deskripsi dari sila ini adalah sebagai berikut : Duduk dilantai, bisa menggunakan alas tipis seperti karpet atau bantal tipis atau sajadah, dengan posisi kaki disilangkan satu sama lain. Untuk menghindari kesemutan dalam latihan yang panjang disarankan, telapak kaki bagian luar menyangga paha kaki satunya lagi. Sedang posisi tangan ditaruh diatas kedua lutut, dengan telapak tangan menghadap keatas dan terbuka.

Kemudian, lakukan tarikan nafas melalui hidung dalam 10 hitungan jantung anda. Atau hitung saja secara perlahan dari 1 sampai 10. Kemudian tahas nafas, jangan dibuang, dan lakukan lagi 10 hitungan. Terakhir, keluarkan melalui mulut dalam 10 hitungan juga, hingga nafas habis.

Kali ini, bila mungkin, tingkatkan jumlah hitungan menjadi 11 dan meningkat terus hingga 15 hitungan.

Lama hitungan akan mempengaruhi kualitas kontrol kita terhadap pranayama yang berhasil kita himpun kedalam tubuh kita.

Lakukan latihan antara 1 minggu sampai 1 bulan untuk posisi ini, jangan lupa untuk selang seling dengan metode latihan seperti pada cara yang pertama.

Selamat berlatih…

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY