Asmaaul A’zhom Vs Asmaaul Husna

909

Tentunya kita telah mengenal Asmaul Husna, Nama-Nama Tuhan Yang Indah. Tetapi, apakah anda telah mengenal Asmaul A’zhom, Nama-Nama Tuhan Yang TERAGUNG ?

Al-Idzom bukanlah Asmaul A’zhom, karena Al-Idzom merupakan nama Tuhan yang Maha Agung, sedangkan Asmaul A’zhom menerangkan kumpulan nama Teragung, sepertimana Asmaul Husna merupakan kumpulan nama Tuhan yang Terindah.

Al-Asma Al-Husna
Dalam Qur’an surat Al-Arof:180 Allah berfirman :
“Allah mempuanya asmaaul husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaaul husna itu, tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam menyebut nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.

Sedangkan mengenai jumlah 99 dalam Asmaaul Husna, ini seperti sabda Rasulullah SAW, yaitu :
“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, yaitu seratus kecuali satu; barangsiapa yang menghafalkannya dia akan masuk syurga. Sesungguhnya Dia itu witir(tidak genap), Dia menyukai akan witir itu” (HR. Baihaqi)

Jadi bilamana ada yang berusaha menggenapkan Asmaaul husna tentunya merupakan bid’ah besar, karena menyalahi hadist tersebut.

Sesungguhnya Nama-Nama Allah, seperti yang ada didalam Al-Qur’an itu kurang dari delapan puluh, tetapi kita mengenal 99 nama Allah tersebut berdasarkan versi Abu Harairoh ra, dengan berdasar kepada lanjutan hadist Nabi diatas.

Al-Asma Al-A’zhom
Menjadi sebuat pertanyaan adalah, apakah Asmaul A’zhom terdapat dalam dalam Asmaaul Husna?

Seorang sufi yang memiliki khowas dari Asmaaul Husna selalu mengatakan, bilamana mereka telah menemukan Asmaaul A’zhom, sehingga berhasil membuka rahasia hizab/tabir pembatas antara dirinya dengan Allah SWT.

Ashaf, yang berhasil mengambil singasana Ratu Bilqis, disebutkan telah diberi Asmaaul A’zhom, sehingga memiliki khowas yang sedemikian. Tetapi ini bukan berarti menjadi monopoli para wali dan Nabi saja agar khowas itu dapat terlaksana atas izin Allah SWT.(Ghozali)

Dalam sebuat hadist Nabi bersabda :
“Sesungguhnya Nama Teragung Allah terdapat dalam 2 ayat ini, ‘Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa, tidak ada Tuhan kecuali Dia, Yang Rahman Yang Rohim (QS. 2:136)’ dan permulaan surat Ali Imron: ‘Alif, Lam, Mim, Allah! tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Hidup, Yang Azali; Maha Menata(QS. 3:1-2)”.

Bisa disimpulkan “Yang Maha Pengasih, Penyayang, Hidup dan Penata” adalah Asmaaul A’zhom berdasarkan kepada Hadist tersebut. Sedangkan para wali Quthub pada zamannya berhasil membukan rahasia Asmaaul A’zhom dalam hizb-hizb mereka pada kalimat “Kaaf Haa Yaa Miim ‘Aain Shood”, yang sesungguhnya juga merupakan Asmaaul Azhom. Rangkaian kalimat tersebut memiliki kekuatan ghoib yang merupakan pengejawantahan dari nama-nama Allah yang Teragung.

Dengan metode yang betul, kitapun dapat memperoleh khowas dari Asmaaul A’zhom tersebut, tentunya atas izin Allah semata. Jadi bukan perkara siapa menang, antara Asmaaul Husna dengan Asmaaul A’zhom, tetapi Asmaaul Husna, merupakan sarana menuju surga, sedang Asmaaul A’zhom sebagai cara memperoleh khowas, atau keutamaan dari Nama-Nama Allah yang kita baca.

Mengenai Asmaaul A’zhom dari kalimat “Kaaf Haa Yaa ‘Aain Shood”, akan saya jelaskan pada tulisan mendatang.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY