Esmu Pamungkas – Latihan 1

702

Perhatikan dalam melatih Esmu pamungkas, usahakan untuk berkordinasi dengan keluarga untuk tidak mengganggu selama Anda latihan. Lingkungan yang tenang dan nyaman, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin akan memberikan efek latihan yang maksimal.

Pranayama.
Pranayama adalah teknik pernafasan yang akan membangkitkan energy tersembunyi / inner power yang ada dalam tubuh kita. Pembangkitan energy ini, mutlak diperlukan untuk dapat menguasai Esmu Pamungkas, dan merupakan latihan awal yang harus dilaksanakan.

Dengan bangkitnya energy tersembunyi yang ada dalam diri kita, maka penguasaan diri, kepekaan, kontrol kekuatan dan pengerahannya dapat kita laksanakan nantinya secara maksimal.

Pranayama sendiri memiliki 4 tingkatan yang akan anda latih, setidaknya masing-masing tingkatan selama 1 minggu, dengan waktu latihan sekurangnya 30 menit setiap harinya, untuk kemudian ditingkatkan 15 menit setiap minggunya, dengan lama latihan maksimal 1 jam per satu kali latihan.

Latihan Pranayama bisa anda lakukan satu hari maksimal 2 kali. Waktu yang paling baik untuk melakukan latihan adalah pagi hari setelah aktifitas bangun pagi dan menjelang tidur.

Latihan 1 – Posisi Tidur.
Lakukan latihan dilantai. Beri alas tipis, seperti karpet, tikar atau sejenisnya, tetapi jangan gunakan kasur. Mulai lakukan latihan dengan posisi tidur sempurna, yaitu tidur telentang, badang menghadap keatas, kedua tangan disamping, dengan telapak tangan kebawah/alas lantai.

Lakukan tarikan nafas melalui hidung dalam 10 hitungan jantung anda. Atau hitung saja secara perlahan dari 1 sampai 10. Kemudian tahas nafas, jangan dibuang, dan lakukan lagi 10 hitungan. Terakhir, keluarkan melalui mulut dalam 10 hitungan juga, hingga nafas habis.

Lakukan latihan ini secara santai, teratur dan konsentrasikan pikiran pada cara kita bernafas dahulu.

Reaksi.
Pada awalnya, anda akan kesulitan dalam mengolah cara bernafas, tetapi dengan latihan teratur, maka hal ini dapat anda lakukan dengan mudah.

Reaksi dari latihan Pranayama ini adalah bangkitnya hawa panas didalam badan kita, dimulai dari sekitar dada dan menjalar keseluruh tubuh. Jangan khawatir, hal ini adalah hal biasa, bukti dari bangkitnya kekuatan tersembunyi yang ada dalam diri kita. Semakin sempurna latihan kita, bahkan sampai alis matapun akan bergetar mengikuti irama aliran energy yang sedang kita latih.

Perhatikan untuk melakukan latihan ini secara teratur, setiap hari, sekurang selama 1 minggu sampai 1 bulan, untuk lanjut pada latihan berikutnya.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY