Ilmu Trawangan, Meraga Sukma – Realitas atau Khayal ? (I)

1141

Ilmu-ilmu seperti Meraga Sukma, Terawangan dan yang sejenisnya telah menjadi pembicaraan banyak pencari ilmu. Mereka menganggap ilmu tsb dapat mereka praktek dengan hasil seperti yang mereka harapkan.
Akhirnya mereka mencari guru-guru yang piawai untuk dapat memberikan ilmu tsb.

Arti

Ilmu Trawangan, adalah ilmu yang memungkinkan kita untuk melihat suatu tempat, peristiwa baik masa lalu atau masa yang akan datang. Pada intinya adalah Roh kita tetap menempat didalam raga kita. Sebaliknya Ilmu Meraga Sukma adalah suatu ilmu yang memungkinkan kita bepergian kesuatu tempat, bahkan yang mustahil dilalui oleh manusia dalam bentuk nyata.

Ilmu-ilmu tsb sebenarnya adalah jenis dari kegiatan diatas. Tetapi nama ilmunya bisa banyak. Jenis Ilmu Terawangan umpamanya, biasanya dikenal dengan Aji Tropong Sukmo, Ilmu Nur Badaniah, dsb. Sedang ilmu Merogo Sukmo biasanya dengan nama ilmu Aji Sukmo Jiwo, Lepas Arep, Ilmu Sabariah dsb. Dari nama-nama tsb terlihat kalau sumber ilmu itu ada yang berlandas kepada kejawen/kebatinan murni, dan ada juga yang berlandaskan Islam. Istilahnya untuk mendapatkan angka 9 bisa saja dengan 2+7, 6+3 atau bahkan 8+1. Tidak masalah sumbernya yang utama adalah hasilnya.

Kemudian banyak teori tentang cara-cara perolehan ilmu tsb. ada yang berkonsentrasi dulu, membaca mantera tertentu dsb. Dari yang berkonsep rasional sampai dengan supra rasional. Dari yang rasanya masih mungkin dikerjakan sampai rasanya mustahil untuk dikerjakan.:) Kemudian menjadi pertanyaan bagaimanakah sesungguhnya proses itu terjadi?

Bersambung…

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY