Obat Tradisional Dipergunakan di Rumah Sakit

819

Poliklinik Obat Tradisional Indonesia RSUD Dr. Soetomo memadukan sistim medis dan tradisional. Pengobatan tetap berdasarkan diagnosis dokter, namun menggunakan terapi obat tradisional . Peminatnya sebagian besar dari kalangan menengah atas yang sudah beberapa kali melakukan pengobatan tradisional ke luar negri.

Pengobatan tradisional ini cenderung di minati. Banyak factor yang menyebabkan masyarakat mulai tertarik dengan pengobatan tradisional sebagai salah satu pengobatan alternative.Diantarannya krisis ekonomi yang menyebabkan harga obat-obatan tidak terjangkau.
Dalam upaya melayani penderita yang berminat untuk melakukan pengobatan tradisional, maka RSUD Dr.Soetomo bulan Oktober 1999 lalu telah mendirikan Poliklinik Obat Tradisional Indonesia- Instalasi Rawat Jalan. Lokasinya di lantai 1 Instalasi Rawat Jalan di sebelah Poliklinik Paliatif. Tepat di belakang poli tersebut terdapat lahan yang tidak seberapa luas sebagai Taman Toga untuk percontohan ,telah di tanam 145 jenis tanaman obat dari 480 jenis tanaman obat yang di rencanakan akan di taman .
Untuk sementara ini ada 9 jenis penyakit yang di tangani oleh poli obat tradisional , antara lain:
” Hipertensi .
” Dislipidima.
” Hiperuresemi.
” Diabetes Mellitus
” Batu Ginjal
” Rematik
” Asma Bronkial
” Hepatitis
” Kanker
Berdasarkan diagnosis medis pola pengobatan di poli tersebut tetap menggunakan diagnosis secara modern, tetapi pengobatannya menggunakan herbal .
Dengan melalui diagnosis yang tepat, maka dapat menjelaskan kepada pasien tentang penyakitnya dan cara pengobatannya yang tepat.
Terapi Herbal, Dengan pengobatan tradisional yang terbuat dari herbal tersebut sudah berdasarkan penelitian di laboratorium. Mulai dari kasiat tanaman, bagian tanaman yang di gunakan untuk obat misalnya; daun, dahan,pohon, akar,umbi, ucuk, bunga,dan sebagainya,semua itu sudah di teliti dalam bentuk formularium .
Meskipun pengobatan tradisional harus tetap dalam pengawasan dokter. Karena pernah terjadi ada orang yang salah menggunakan tanaman obat, bukan untuk mengobati tapi justru meracuni tubuhnya
Poliklinik Obat Tradisional Indonesia di rumah sakit ini buka hari senin-hingga jumat mulai pukul 08.00-13.00.Ada beberapa dokter ahli yang melayani poli tersebut, antara lain: Prof.Dr.dr.Benyamin.P.Margono,SP,dr.Soeharsohadi Tjondronegoro, Sp.JP,dr.Arijanto Jonosewojo,Sp.PD,dr.Widayat Sastrowardoyo,Sp.JP.dan dr.H.Amak Ali.

SHARE

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY