Wednesday, June 3, 2020

Prinsip Fengshui

7 Prinsip dalam Feng Shui

7 Prinsip dalam Feng Shui
Hampir semua persoalan atau problem feng shui dapat dijawab dengan menggunakan tujuh prinsip yang akan disebut di bawah ini. Dalam praktiknya prinsip-prinsip ini dapat berjalan sendiri, meskipun dalam kasus-kasus tertentu diterapkan bersama dengan prinsip-prinsip lain.

Feng shui adalah seni sehingga terbuka kesempatan untuk memberi interpretasi yang berbeda untuk fenomena yang sama.

Dapat disebut ada 7tujuh) prinsip dalam feng shui:

Prinsip Yin-Yang
Ini adalah prinsip yang paling mendasar. Konsep ini memberi kategori semua di bawah langit ini menjadi dua kutub: Yin dan Yang.

Yin      : gelap, feminim, dingin, lemah, interior, diam
Yang  : terang, maskulin, panas, kuat, eksterior, bergerak


Prinsip ini mendasari karakteristik yang diusung dalam feng shui. Gunung, karena diam, mewakili yin sedang sungai, karena mengalir, mewakili yang. Pada gunung yang sama karena adai sisi depan [gunung] disebut yang dan belakang [gunung] disebut yin atau gunung ini memiliki lembah dan kontur naik turun maka disebut gunung yang, dimana dibedakan dengan gunung yin tidak memiliki lembah.
Sama halnya dengan air. Air yang bergerak disebut air yang dan air yang diam seperti danau atau bendungan disebut air yin karena relatif tidak banyak bergerak.

Tinggal dekat sekolah, rumah ibadah, rumah sakit, kantor polisi, penjara, bekas kuburan adalah tidak baik karena dalam hal sekolah terjadi perubahan cepat dari terlalu yang (waktu bersekolah sangat ramai) dan menjadi yin setelah sekolah usai. Tempat ibadah, rumah sakit, kantor polisi, penjara adalah tempat-tempat yang mewakili katakteristik yin sehingga tidak cocok apabila berdekatan dengan rumah tinggal. Jawaban ini masih belum tuntas karena masih akan dilengkapi pada uraian tentang prinsip-prinsip lainnya.


Prinsip lima unsur
Dikatakan bahwa semua bentuk-bentuk di dalam alam semesta ini tersusun dari lima unsur, termasuk nasib manusia. Prinsip ini membuat apa pun dipilah menjadi lima kategori.

Dari banyak karakteristik yang terkandung pada lima unsur, maka hanya diambil musim, warna, organ tubuh, perasaan negatif, perasaan positif, dan rasa.

Kayu   : semi, hijau, hati, marah, kebaikan, asam.
Api      : panas, merah/ungu, jantung, benci/tidak sabar, cinta, pahit.
Tanah            : dua minggu sebelum pergantian musim, kuning/coklat, lambung, kuatir, kejujuran, manis.
Logam: gugur, putih/emas/metalik, paru, sedih, kebenaran, pedas 
Air       : Dingin, biru/hitam, ginjal, takut, ramah, asin

Masih banyak pentalogi (pembagian hal dibagi menjadi 5 kategori unsur) yang dapat disebut, namun dengan tabel di atas, Anda dapat melakukan ‘prediksi.’ Perasaan marah, sebagai contoh, berhubungan dengan organ hati sedang takut dengan organ ginjal. Orang yang sangat ketakutan akan terkencing-kencing dan seorang pemarah akan memiliki kelainan pada hatinya.

Pada buku karya Masaru Emoto “The True Power of Water. Hikmah air Dalam Olahjiwa” dinyatakan bahwa organ hati memiliki resonansi yang sama dengan rasa marah sedang organ ginjal dengan rasa takut. 

Contoh lain, nikotin memiliki rasa pahit (unsur api) dan unsur api ini mengendalikan unsur logam dimana dalam organ diwakili oleh organ paru. Bagi perokok aktif, bahkan perokok pasif, risiko terkena penyakit yang terkait dengan organ paru  adalah konsekuensinya.

Lewat Ba Zi, dapat diketahui orang masuk unsur apa dengan melihat pilar hari kelahiran. Unsur itu akan menentukan aspek-aspek berbeda yang dicerminkan oleh unsur-unsur selain unsur diri itu. Misal: bagi orang kayu, unsur tanah menunjuk uang, namun bagi orang air, unsur tanah menunjuk kekuasaan. (Baca: Feng Shui dan Bazi, Saudara Sepupu). Hal lain tentang unsur adalah menyangkut arah, jenis usaha, bentuk rumah yang sesuai untuk orang unsur tertentu.


Prinsip tiga-serangkai Langit-Manusia-Bumi
Langit di atas, bumi di bawah dan manusia berada di tengah langit dan bumi. Istilah Kan-yu secara leksikal berarti Langit dan bumi.” Lokasi, lingkungan, dekorasi interior, arah harap rumah semua itu termasuk (matra) bumi. Langit adalah pembentuk utama nasib kita. Untuk ‘mengolah’ langit ini kita mengamati setiap individu dan arah secara seksama. Warna atau bentuk berbeda, sebagai contoh, akan memberi atau membawa dampak berbeda bagi setiap individu. Teori Delapan Arah Rumah (Eight Mansion atau Ba Chai) menentukan arah-arah terbaik setiap individu, setelah menghitung angka Gua, yang diperoleh dari tahun kelahiran. Manusia adalah unsur paling aktif dari trio ini. Manusia membangun rumah, tinggal di dalamnya, penataan ruangan dan perabot sampai dampak datang apakah baik atau buruk.
Energi qi suatu lokasi dipercayai dipengaruhi oleh posisi planet-planet di angkasa dan energi ini dapat dimanfaatkan bagi kepentingan manusia. Prinsip ini perlu diperhatikan dalam membahas suatu teori feng shui. Ketidakhadiran salah satu membuat teori itu memiliki kekurangan. Kembali ke Teori Delapan Arah Rumah, dimana hanya mengandalkan ‘duet’ dari  ‘Tiga serangkai’ yaitu manusia dan bumi. Manusia dilihat dari tahun kelahiran (angka Gua) dan Bumi dilihat dari arah hadap lahan, tanpa mengikutsertakan ‘Langit’ yang bertindak sebagai [faktor] waktu. Teori Delapan Arah Rumah tidak memperhitungkan faktor waktu dalam analisisnya.


Prinsip keseimbangan dan harmoni
Keseimbangan dan harmoni adalah perhatian utama dalam pemikiran Tionghoa. Rumah besar dengan pintu kecil, sebagai contoh, tidak mengikuti prinsip ini. Dapat disebut pula hal seperti rumah kecil namun memiliki kolam ikan yang cukup besar sehingga tidak proprosional tidak mengikuti prinsip ini.
Kombinasi yin dan yang harus seimbang seperti tercermin dalam pencarian lahan adalah adalnya keseimbangan antara yin (gunung atau bukit) dan yang (aliran sungai).
Apabila di atas adalah contoh pada feng shui. Pada Ba Zi unsur-unsur menguntungkan adalah unsur-unsur yang menjaga keseimbangan atau memberi harmoni bagi unsur-unsur yang sudah ada pada pilar kelahiran.  Begitu pula pada pengobatan Cina, penyakit disebut terjadi karena tidak ada keseimbangan atau harmoni di dalam tubuh. Tugas seorang sinshe, dalam hal ini, adalah mencari tahu apa yang tidak seimbang dan melakukan tindakan agar terjadi keseimbangan sebelum tercipta harmoni di dalam tubuh yang berarti sehat.

Prinsip waktu
Langit, dalam feng shui, memendam makna astrologi dan waktu. Waktu adalah bagian integral dari alam semesta seperti yang ditunjukkan oleh Einstein dalam teori relativitas lewat matra ruang-waktu yang menyatu. Pembagian periode menjadi periode atas, tengah dan bawah masing-masing 60 tahun. Ketika berbicara tentang waktu, terlebih dahulu harus jelas apa yang dimaksud dengan waktu dalam konteks ini.
Dalam feng shui, konsep waktu, dapat menunjuk 5 hal, yaitu:
Tahun kelahiran pemilik rumah atau almarhumah
Tahun pembangunan gedung
Waktu penghuni rumah masuk ke dalam rumah
Lama suatu lokasi atau lahan memperoleh dampak feng shui
Berapa lama suatu lokasi atau lahan dapat bertahan


Prinsip alur topografi
Jangan membangun rumah atau menghuni lokasi yang tidak selaras dengan ‘aliran.’ Dalam konteks ini ‘aliran‘ menunjuk arah jajaran pegunungan, pesisir pantai atau pinggiran sungai. Dengan mengetahui tempat atau lahan yang sesuai dengan alur topografi pegunungan, pesisir pantai maupun aliran sungai tidak lain adalah mencari sumber energi qi yang dapat dimanfaatkan. Jika lokasi tertentu memiliki alur selaras dengan aliran air, maka qi akan memberi manfaat bagi para penghuninya. Apabila lokasi berhadapan dengan aliran air, maka sha qi akan menghantam lokasi itu termasuk membawa dampak buruk bagi para penghuninya.


Prinsip normal dan abnormal
Lokasi dengan feng shui baik mudah diidentifikasi cukup dengan melihat bentuk tanah apakah normal atau abnormal. Normal menunjuk hal-hal yang lazim sedang abnormal menunjuk hal-hal luar biasa.
Di tanah datar, sebagai contoh, ada bukit menunjuk abnormal begitu pula pada jajaran bukit atau gunung terdapat dataran mendatar. Lokasi kering di dataran dekat sungai adalah abnormal sama seperti keberadaan danau dengan lingkungan yang kering. Prinsip normal dan abnormal berlaku pada kondisi panjang dan pendek untuk ukuran tanah atau tinggi dan rendahnya lahan dll.. Tanah atau lahan dengan bentuk tidak beraturan adalah abnormal.

No comments:

Post a Comment

Lp Thep

The Legendary 900 years old Monk - LP Thep (九百多岁高僧的传奇) This story was told by Archan Tia of Wat Sungai Siput (http://www.archantia.info) to...