Wednesday, June 3, 2020

Keberuntungan

Pertanyaan apa yang menentukan keberuntungan manusia, menjadi tema karena feng shui dianggap bisa memberi jawabannya. Setiap orang memunyai tanggal lahir (termasuk jam) yang berbeda. Ada tanggal kelahiran (termasuk jam) yang sama tentunya berbeda wilayah dan latar belakang kehidupan atau profesi kedua orang tua anak itu pastilah berbeda. Ada yang memunyai tanggal kelahiran berbeda, tidak terlalu lama, seperti halnya anak kembar.
Metafisika Cina menyebut bahwa tanggal lahir tergolong keberuntungan langit sehingga manusia tidak dapat ikut campur. Mungkin Anda penasaran bagaimana dengan anak yang lahir lewat operasi caesar? Memang kita dapat menentukan kelahiran bayi di dunia ini dengan merancang tanggal dan kelahirannya, namun hal ini tidak mutlak dapat terlaksana. Ada pertimbangan medis maupun alasan lain (nasib baik atau tanya pakar feng shui) yang membuat seorang bayi harus lahir lewat operasi caesar. Dalam praktiknya, tanggal lahir yang sudah dirancang ini juga tidak dapat dipastikan secara tepat karena begitu mendekati harinya ada faktor-faktor yang membuat tanggal dan jam kelahiran bayi tidak sesuai ‘pesanan.’
Anak kembar pun, yang berbeda jam lahir, dapat menjalani kehidupan yang berbeda jauh. Kak Seto memunyai saudara kembar, namun profesi yang dijalani berbeda. Contoh lain, Bee Gees terdiri dari tiga bersaudara: Barry Gibb, Maurice Gibb dan Robin Gibb, dimana dua nama terakhir adalah kembar. Keduanya lahir hanya berbeda beberapa jam, sama-sama menjadi musisi, namun Maurice akhirnya meninggal karena terkena penyakit yang tidak sama sekali tidak diidap oleh Robin.

Setelah keberuntungan langit tentunya keberuntungan bumi yang lebih dikenal dengan sebutan feng shui. Feng shui dari tempat tinggal bayi ini kelak akan menentukan keberuntungan. Perlu diingat bahwa feng shui suatu rumah membawa dampak bagi keluruh penghuni rumah – meskipun paling banyak dinikmati oleh kepala keluarga atau menjadi pencari nafkah dalam keluarga itu. Rumah dengan feng shui yang cocok dengan penghuni dapat memberi dan membawa keberuntungan bagi penghuninya. Mungkin Anda pernah mendengar pasutri yang sudah menikah puluhan tahun tapi belum dikaruniai anak. Setelah pindah rumah, tidak lama kemudian, istrinya hamil dan melahirkan anak. Hal ini dapat diartikan bahwa feng shui rumah itu cocok dengan penghuninya. Mungkin Anda pernah mendengar atau mengetahui bahwa nasib atau keberuntungan atau karir seseorang menanjak pesat setelah pindah rumah atau menghuni rumah tertentu. Namun jangan putus asa, apabila Anda belum memeroleh rumah dengan feng shui yang cocok karena masih ada satu keberuntungan lagi yang pasti dapat Anda manfaatkan.

Jangan pernah melupakan bahwa masih ada keberuntungan manusia. Bayi yang lahir dari keluarga karyawan dan keluarga pengusaha, meskipun lahir pada hari dan jam yang sama persis akan mengarungi kehidupan yang berbeda. Masih ditambah dengan upaya mereka dalam menjalani kehidupan ini lewat usaha dan ikhtiar akan memberikan hasil yang berbeda. Tidak dapat mengandalkan keberuntungan langit (Ba Zi buruk) dan tinggal dalam rumah dengan feng shui ‘tidak terpuji’, namun karena memiliki kemauan dan keinginan untuk belajar, maka peruntungannya berubah.

[Michael] Dell tidak mengenyam pendidikan tinggi dan bukan keturunan dari keluarga terpandang, namun mampu menjadi pendiri Dell Computer, yang diawali dari merakit komputer dari garasi (tentunya bukan tempat yang mendapat perhatian utama dalam feng shui seperti halnya: kamar tidur utama). 

Ada analogi untuk menggabungkan ketiga keberuntungan di atas. Andaikan tanggal kelahiran Anda bagus laksana Ferrari (keberuntungan langit) dan tinggal dalam rumah dengan feng shui bagai sirkuit balap formula 1 (keberuntungan bumi) namun yang mengendarai mobil itu adalah orang yang tidak memunyai nyali dan kehandalan seperti [Michael] Schumacher (keberuntungan manusia), maka Ferrari yang dikendarai orang itu pasti tidak dapat melaju kencang. Atau, kemungkinan lain, Ferrari ini terlanjur terjebak di jalur lambat.

Trio keberuntungan ini saling melengkapi dan tidak memungkinan peran satu faktor saja dengan mengesampingkan kedua faktor lainnya. Trio keberuntungan ini adalah salah satu dari tujuh prinsip feng shui yang akan disebut pada artikel berikutnya. Apabila Anda membaca buku karya terbaru Malcolm Cadwell, Outliers, maka dapat diketahui kesuksesan seseorang (seperti Bill Gates, The Beatles) tidak didapat secara instan namun lewat upaya dan kerja keras sekitar 10.000 jam (“Kaidah 10.000 jam”) dan kesempatan atau waktu yang tepat dengan tahun-tahun kelahiran.

No comments:

Post a Comment

Lp Thep

The Legendary 900 years old Monk - LP Thep (九百多岁高僧的传奇) This story was told by Archan Tia of Wat Sungai Siput (http://www.archantia.info) to...