LEGENDA TAKAU DAN ANAK SIMA




saat pulang mengaji saat itu listrik belum masuk desa sekitar tahun 1976 hingga suasana desa memang cukup gelap hanya beberapa tempat yang agak terang kalau rumah warga tersebut punya mesin listrik atau genset.
Keadaan desa juga masih kental dengan cerita cerita tentang adanya hantu atau siluman salah satu yang juga masih saya ingat adalah cerita tentang hantu''Takau''siluman ini menurut ceritanya sering berubah-ubah dan yang paling sering ia lakukan adalah menyaru atau berubah menjadi seekor kucing,karena dengan menyaru menjadi seekor kucing siluman ini lebih leluasa untuk melakukan yang diinginkan nya[kira kira pendapat saya begitu,karena hanya hewan kucing yang lebih dekat dengan manusia].
Didesa kami ada beberapa tempat yang dianggap oleh warga dari turun-temurun menjadi sarang siluman Takau ini,sehingga ini menjadi momok ,saat waktu malam bila melewati tempat tersebut,andai ada jalan memutar lebih baik memutar saja,begitu kira kira pemikiran para warga juga termasuk kami,apabila melewati tempat tersebut,langsung gunakan ajian''langkah seribu'',ahaha!.
Menurut penuturan orang orang tua,sebenarnya yang berbahaya itu adalah anaknya Takau namanya''anak Sima'' karena si anak sima ini mempunyai kelebihan yaitu mempunyai suara yang lirih dan memilukan bagi yang mendengarnya,sehingga orang yang sudah jadi''targetnya''akan seperti terhipnotis dengan suara tangisan ''bayi''seperti bayi yang lagi kehausan mencari air susu ibunya,begitu kira kira.
Lalu si Target akan mencari asal suara tadi,dan tanpa disadari ia telah jauh masuk hutan,dan achirnya si target akan menemukan seorang anak bayi,namun ada ke anehan si bayi tidak mau digendong,tetapi ia akan meloncat ke belakang si target[seperti kita membawa ransel].
Kemudian tentu si target akan membawa si bayi sima tadi keluar hutan,nah ditengah perjalanan inilah,si bayi sima mulai memakan daging tubuh si target dari belakang tanpa terasa,dan baru disadari setelah ''tangan mungil sibayi sima''mencomot jantung si target,membuat si target langsung tewas ditempat,dengan belakang tubuh bolong sebesar pergelangan bayi.
Karena sifatnya ini adalah siluman maka keberadaannya tidak dapat dipastikan,entah dimana dan hanya orang orang yang sudah di target biasanya,yang mendengar tangisan pilu si bayi ini.
Itulah sekilas dengan siluman Takau dan anak nya Sima,yang ada di hutan kalimantan,demikian dan semoga manfaat.

Komentar

Postingan Populer